Artikel

Jurus Jitu Memilih Pengembang Apartemen

Memilih Pengembang Apartemen

img_20190404_234307-6a0f9dce0a-646x1024
Ilustrasi Gambar Artis Alona

 

Seperti yang tertulis pada headline salah satu situs berita online di atas, Cynthiara Alona mengaku tertipu pembelian sebuah apartemen di wilayah Jakarta Selatan. Salah satu model dan aktris Indonesia ini melaporkan kasus tersebut setelah tak kunjung mendapatkan apartemen yang telah ia beli. Bahkan dia mengaku kawasan pembangunan apartemen tersebut telah diblok saat dia berusaha melihat ke lokasi. Kerugian yang diterimanya dilansir mencapai ratusan juta rupiah.

Belajar dari kasus tersebut, memilih pengembang apartemen bukanlah hal yang mudah. Semakin banyaknya pengembang yang berlomba menawarkan apartemen dengan beragam iming-iming diskon tentu membuat calon pembeli semakin bingung dalam menentukan pilihan.

Agar hal serupa tidak terjadi, berikut adalah trik memilih pengembang apartemen yang perlu diketahui :

  1. Reputasi Developer
    Hal pertama yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk membeli sebuah apartemen adalah memastikan reputasi pengembang yang akan dipilih. Segala yang berkaitan dengan surat menyurat seperti Perjanjian Pengikatan Jual Beli dan pembuatan Akta Jual beli tentu akan diurus oleh pengembang apartemen. Untuk itu sangat penting memilih pengembang apartemen yang sudah terpercaya agar kita merasa tenang dalam memulai investasi. Hal mudah untuk memastikan reputasi pengembang adalah dengan melihat keberhasilan proyek sebelumnya. Transpark Bintaro merupakan proyek superblok ke 4 setelah proyek sebelumnya yang telah sukses besar.
  2. Legalitas Lengkap
    Sebagai calon pembeli, tentu kita berhak menanyakan sertifikat dan perizinan dari pembangunan sebuah apartemen. Legalitas pengurusan perizinan pembangunan rumah atau izin pemanfaatan lahan oleh developer yang terpercaya tentunya wajib kita periksa sebelum membeli. Pastikan bagaimana legalitan lahan tempat dibangunnya apartemen tersebut. Lahan dengan legalitas yang sah dan jelas akan memudahkan segala macam transaksi ke depan.
  3. Komitmen Pengembang
    Seperti yang telah kita ulas dalam artikel sebelumnya tentang Komitmen Pembangunan Tepat Waktu Transpark Bintaro, tentu hal ini sangat penting terkait berjalannya pembangunan suatu proyek yang sedang kita incar. Pantau bagaimana progress pembangunan apartemen tersebut agar kita terhindar dari permasalahan. Yang sering terjadi adalah pembangunan yang tak kunjung selesai bahkan berhenti di tengah jalan tanpa uang kembali. Dengan Komitmen Pembangunan Tepat Waktu Transpark Bintaro, kekhawatiran tersebut tidak akan lagi kita rasakan.Selain itu, perlu diperhatian mengenai pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan dan fasilitas yang telah dipromosikan di kawasan apartemen yang akan kita tempati. Pengembang yang baik tentu akan melayani setiap pertanyaan yang kita ajukan secara rinci termasuk proses alih pindah nama setelah transaksi jual beli.
  4. Teliti Saat Transaksi
    Yang tak kalah pentingnya saat memilih pengembang apartemen adalah memastikan pembayaran berjalan dengan aman dan terpercaya. Perhitungkan sistem pembayaran dari mulai uang mulai hingga cicilan. Pelajari pula syarat dan ketentuan yang akan diberlakukan. Kita juga dapat menanyakan berapa unit yang telah terjual untuk lebih meyakinkan saat akan membeli.

4 jurus jitu di atas semoga bisa membantu kita lebih cermat dalam memilih pengembang apartemen. Semakin kita teliti dalam memeriksa setiap transaksi, semakin aman dana yang kita investasikan.

Penulis : Arina Kriswandani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *